Pilih Mana ? Beli Barang dengan Diskon atau Cashback

No Comments
Apakah Anda tahu apa perbedaan antara barang yang didiskon dengan cashback ? Bagi Anda yang sudah registrasi Kartu Kredit Cashback, pasti Anda sudah tahu apa enaknya dapat cashback di setiap transaksi. Tapi, apakah Anda pernah bandingkan dengan barang yang di diskon ?

Agar Anda lebih bijak dalam berbelanja, yuk cari tahu dulu apa bedanya antara barang yang dijual dengan harga diskon dengan barang yang dijual dengan penawaran cashback. 

Anda akan bisa mengambil kesimpulan sendiri. Dan bisa saja kesimpulan yang Anda ambil berbeda dengan kesimpulan orang lain. Tidak ada yang salah. Semuanya benar. Ini masalah perspektif dan preference saja. Yang terpenting, Anda punya alasan sendiri mengapa Anda mengambil sebuah kesimpulan.


Kelebihan dan Kekurangan Diskon 
Agar lebih enak, kita bahas dulu kelebihan diskon. Anda pasti sudah tahu barang yang didiskon itu dijual dengan harga lebih murah. Ada potongan harga yang diberikan oleh pihak penjual. Potongan harga dalam prosentase terbukti membuat orang lebih tertarik untuk membeli. Bahkan, tidak jarang orang yang tidak berniat membeli barang akhirnya membeli ketika melihat ada diskon ditawarkan.

Akan tetapi, apakah Anda tahu efek buruknya ? Biasanya, orang tidak realistis dalam membeli barang. Pasalnya, diskon biasanya diberikan dengan syarat tertentu. Misalnya saja diskon diberikan dengan syarat minimal pembelian 2. Padahal, yang Anda butuhkan hanya satu. Lalu, yang satu lagi buat apa ?

Alih-alih ingin berhemat, tetap saja Anda mengeluarkan uang yang lebih karena beli dua barang. Dan sebenarnya ini sudah salah. Anda membeli barang yang tidak begitu Anda perlukan. Anda hanya butuh satu tapi Anda “dipaksa” untuk membeli lebih dari satu.

Tidak masalah jika ada rencana untuk memberikan barang tersebut untuk orang lain. Akan tetapi, jika tidak, mubadzir, kan ?

Dan coba Anda hitung lagi. Berapa uang yang bisa Anda hemat dengan harga diskon ? Diskon biasanya diberikan dalam bentuk prosentase. Kelihatannya besar jika dilihat dari prosentase. Akan tetapi, setelah dihitung, tetap saja barang yang Anda beli sebenarnya mahal. Kecuali jika prosentase diskon di atas 50%. Jelas sekali ini akan membuat Anda berhemat uang banyak.

Akan tetapi, sekali lagi, ada syarat dan ketentuan berlaku seperti minimum pembelian atau total uang yang harus Anda belanjakan.

Kelebihan dan Kekurangan Cashback 
Jangan buru-buru menentukan sikap. Anda juga harus tahu apa saja kelebihan dan kekurangan cashback. Memang sekarang ini lebih banyak yang menawarkan cashback, entah itu toko offline atau online. Belum lagi cashback yang ditawarkan oleh perbankan. Contohnya saja Bank HSBC yang menawarkan cashback jika Anda berbelanja di mana saja dengan menggunakan Kartu Cashback

Namun, apakah Anda benar-benar bisa berhemat ? Salah satu kelebihan cashback, Anda bisa menabung. Kok bisa ? Karena cashback biasanya dimasukkan ke dalam deposit. Jadi, Anda seolah-olah mendapatkan potongan yang kemudian potongan tersebut masuk di deposit. Dari cashback tersebut, Anda bisa belanjakan lagi untuk membeli produk lainnya.

Tentu ini sangat menguntungkan bagi Anda yang sering belanja, terutama belanja online. Pasalnya, ecommerce sekarang ini sering menawarkan cashback untuk setiap transaksi. Anda tidak akan sadar jika ternyata Anda menyimpan banyak sekali cashback lantaran sudah berpuluh kali melakukan transaksi. Pada suatu ketika, Anda bisa gunakan cashback untuk membeli produk tertentu.

Itu sisi positifnya. Bagaimana dengan sisi negatifnya ?
Cashback biasanya tidak bisa dicairkan. Yang pasti, Anda tidak bisa merasakan langsung. Biasanya, cashback disimpan dalam deposit. Dan pihak bank seolah-olah menyuruh Anda untuk belanja lagi dan lagi dengan cashback yang sudah Anda kumpulkan. Ini yang membuat masyarakat cenderung bersifat konsumtif. Karena dapat cashback, naluri untuk berbelanja lagi dan lagi muncul.

Tentu tidak masalah jika Anda memang membutuhkan barang tersebut. Jadi, simpan saja dan Anda gunakan cashback untuk membeli produk yang benar-benar Anda butuhkan. Ini cara bijaknya.

Nah, dari penjelasan tersebut, kira-kira apakah lebih menguntungkan beli barang dengan diskon atau cashback ? Keputusan ada di tangan Anda.

Sebenarnya, dua hal tersebut juga dipengaruhi oleh faktor lain, seperti besarnya cashback atau diskon yang Anda dapatkan. Akan tetapi, jika Anda ingin mendapatkan keuntungan yang lebih, Kartu Kredit Cashback menjadi pilihan yang tepat. Mengapa ?

Alasan pertama, Anda bisa mendapatkan cashback. Itu artinya Anda bisa berhemat. Yang kedua, cashback bisa Anda gunakan untuk mencicil tagihan bulanan kartu kredit Anda. Jadi, cashback tidak selalu harus digunakan untuk membeli produk tapi juga bisa digunakan untuk membayar tagihan. Yang ketiga, proses belanja Anda lebih mudah. Anda tidak perlu menunggu tabungan Anda cukup untuk membeli produk. Anda bisa gunakan kartu kredit. Anda dapat produk yang Anda inginkan plus cashback yang bisa Anda gunakan untuk meringankan cicilan bulanan Anda.

Menarik, bukan ?
Cashback yang diberikan oleh pihak bank berbeda-beda. HSBC melalui produk kartu kredit Cashback memberikan cashback sampai 25%. Tentu saja ada syarat dan ketentuan yang berlaku. Untuk informasi lebih lengkap lagi, Anda bisa kunjungi website resmi HSBC agar mendapatkan informasi yang lebih jelas mengenai syarat dan ketentuan serta bagaimana cara apply kartu kredit secara online.

Yang pasti, Anda harus siapkan dokumen pendukung seperti KTP, NPWP, slip gaji, dan lain sebagainya. Pendaftaran sekarang bisa dilakukan secara online. Ini yang membuat Anda lebih cepat segera memiliki kartu kredit ini.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar

Posting Komentar