Mengkonsumsi Frisian Flag Mama Bisa Menurunkan Risiko Preeklamsia

No Comments
Tidak semua ibu hamil mau mengkonsumsi Frisian Flag Mama. Banyak alasannya. Ada yang bilang susu bikin mual. Ada yang beralasan tidak suka minum susu sejak dari kecil. 

Siapa saja bisa mengajukan alasan, tak terkecuali bunda yang sedang hamil sekarang. Namun, tahukah bunda kenapa minum susu ibu hamil itu sangat amat disarankan ?

Kebanyakan ibu hamil tidak menyadari bahwa nutrisi yang dibutuhkan ketika sedang dalam masa kehamilan itu meningkat. Meskipun sudah mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang lebih banyak dibandingkan sebelum hamil, belum tentu kebutuhan nutrisi ibu hamil terpenuhi. Itulah mengapa bunda disarankan untuk mengkonsumsi susu yang baik untuk ibu hamil.


Apakah itu saja ? Tentu saja tidak. Dengan memastikan kebutuhan nutrisi terpenuhi, bunda juga bisa beraktivitas seperti biasanya seolah tidak sedang hamil. Badan tetap bersemangat setiap hari. Hal ini disebabkan ketika nutrisi terpenuhi, maka keluhan kehamilan bisa dihindari.

Mual dan muntah sering dialami oleh ibu hamil, terutama saat kehamilan muda. Namun, tahukah bunda jika mual dan muntah itu bukan keluhan kesehatan ibu hamil biasa? Bisa saja itu adalah tanda dari preeklamsia. Dan ini sangat berbahaya jika dibiarkan begitu saja.

Siapakah Yang Berisiko Mengalami Preeklamsia
Jika ditanya apakah bunda berisiko mengalami preeklamsia, tanpa pemeriksaan, bisa dipastikan bunda berisiko. Semua ibu hamil berpotensi mengalami masalah ini. Sama seperti diabetes. Meskipun sebelum hamil bunda tidak ada riwayat terkena diabetes, saat hamil faktor risiko tersebut ada. 

Lalu, apa yang harus bunda lakukan ? Meskipun faktor risiko terkena preeklamsia itu ada, bunda tidak perlu khawatir jika orang tua bunda tidak mengalami hal yang sama ketika sedang hamil. Risiko semakin tinggi jika ternyata ibu atau ibu mertua bunda juga pernah mengalami hal yang sama.

Preeklamsia merupakan kondisi di mana tekanan darah naik begitu tinggi. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor. Bisa faktor kesehatan. Bisa juga karena faktor psikologis. Sampai sekarang, para ahli kesehatan tidak mampu menemukan fakta yang menunjukkan apa yang menjadi faktor utama preeklamsia.  

Bunda hanya perlu tahu apa saja gejala yang muncul.
  • Mual dan Muntah 

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, preeklamsia biasanya ditandai dengan mual dan muntah. Namun, harus digarisbawahi tidak semua ibu hamil yang mengalami mual atau muntah itu pasti mengalami preeklamsia lho.

Yang pasti, jika mual dan muntah ini sering terjadi, maka bunda akan semakin kehilangan kalium. Padahal, kalium ini sangat dibutuhkan untuk kesehatan bunda selama kehamilan dan juga perkembangan janin di dalam kandungan. Itulah mengapa saat mual dan muntah, hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengkonsumsi makanan yang mengandung kalium seperti pisang atau minum susu Frisian Flag Mama. 

  • Wajah dan Tangan Bengkak 

Wanita hamil memang mudah sekali mengalami pembengkakan. Biasanya pembengkakan ini terjadi pada bagian kaki. Namun, jika ini terjadi pada wajah dan tangan, besar kemungkinan itu adalah gejala preeklamsia. Jangan sepelekan hal ini.

  • Sakit Kepala Tak Tertahankan 

Wajar jika seorang ibu hamil mengalami sakit kelapa. Pasalnya, saat hamil, biasanya seorang ibu hamil mengalami anemia. Dan ini ditandai dengan sakit kepala yang tak tertahankan.

Akan tetapi, jika sakit kepala ini sulit sekali dihilangkan padahal sudah mengkonsumsi suplemen untuk menambah darah, mungkin saja itu gejala preeklamsia. 

Setidaknya hal tersebutlah yang perlu bunda waspadai. Jika memang tanda-tanda tersebut muncul, segeralah datang ke bidan atau dokter kandungan untuk mendapatkan penanganan medis.

Hal Paling Berbahaya Saat Terkena Preeklamsia
Penanganan harus segera dilakukan. Mungkin gejala-gejala tersebut di atas terdengar tidak begitu berbahaya. Namun, bunda harus tahu jika preeklamsia ini semakin parah, maka bunda bisa mengalami sesak nafas yang begitu parah. Bunda akan sulit sekali bernafas. Jangan sampai tanda ini muncul. 

Apakah preeklamsia juga berakibat fatal pada janin ? Tentu saja. Pada dasarnya, preeklamsia membuat aliran oksigen di dalam tubuh tidak bagus. Dan jika ini terjadi, maka perkembangan janin di dalam kandungan akan terganggu mengingat janin juga membutuhkan oksigen dalam jumlah tertentu. 

Pencegahan Wajib Dilakukan 
Sekarang yang terpenting adalah bagaimana bunda bisa melakukan pencegahan. Dalam hal ini, ada beberapa hal yang disarankan oleh dokter kandungan untuk mencegah preeklamsia. 

Yang pertama melakukan menagemen waktu yang bagus. Ada waktu untuk beraktivitas. Namun, pastikan juga bunda punya waktu untuk istirahat total. Kalapun tidak tidur, bunda bisa bersantai, nonton film, sambil ngemil dan juga minum susu yang baik untuk ibu hamil. Ini penting agar bunda bisa mencegah stress yang biasanya menyebabkan naikkan tekanan darah.

Cara lain yang juga perlu untuk bunda lakukan adalah mencegah kenaikan berat badan. Memang ibu hamil mengalami kenaikan berat badan. Akan tetapi, bunda harus tahu berat badan ideal ibu hamil.

Selanjutnya adalah rutin melakukan kontrol ke dokter kandungan atau bidan. Setidanya bunda harus konsultasi kehamilan dengan ahlinya sekali dalam satu bulan. Selain untuk mengetahui perkembangan janin, bunda juga sekaligus bisa bertanya mengenai kondisi kesehatan bunda. Pasalnya, kesehatan bunda sangat menentukan perkembangan janin.

Nah, sekarang bunda sudah tahu kan betapa berbahahayanya preeklamsia itu ? Lakukan pencegahan sejak dini. Konsumsi makanan yang baik dan sehat. Dan jangan lupa untuk mengkonsumsi susu Frisian Flag Mama tiga gelas setiap hari.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar

Posting Komentar