Hindari Pola Asuh Ini Jika Tak Mau Tumbuh Kembang Anak Terganggu

No Comments
Saat Anda mendidik si kecil ketahuilah, Anda harus menerapkan pola asuh anak yang baik untuk membuat tumbuh kembangnya bagus. Jangan menerapkan pola asuh yang tak baik sehingga membuat si kecil takut pada Anda. Apa saja pola asuh yang wajib dihindari agar tak mempengaruhi tumbuh kembang anak ? Ini dia !


1. Komunikasi Bersifat Satu Arah
Salah satu pola asuh terhadap anak yang harus Anda hindari adalah tidak melakukan komunikasi satu arah dengan mereka. Si kecil tak akan memiliki kebebasan untuk mengeluarkan pendapat atau menentukan pilihan karena Anda tak memberi umpan balik pada mereka. Orang tua akan selalu mengatakan apa yang harus dilakukan si kecil.

Saat Anda menerapkan ini, Anda tak akan peduli seperti apa perasaan si kecil dan tak menjelaskan kenapa mereka harus melakukan tersebut. Jika hal ini terus berlanjut, si kecil akan kehilangan kesempatan untuk belajar bagaimana cara mengendalikan perilaku dan dirinya sendiri. Jika sudah begini, tumbuh kembangnya jelas akan terganggu.

2. Si Kecil Harus Patuh
Pola asuh anak yang seharusnya Anda hindari berikutnya adalah si kecil harus patuh. Pola asuh ini cenderung otoriter dan menerapkan standard yang mutlak dan wajib dituruti si kecil. Si kecil pun wajib dan harus patuh terhadap semua keputusan orang tua mereka. Jika Anda menerapkan polas asuh satu ini pada anak, si kecil akan berkembang dalam ketakutan.

Ketakutan tersebut akan muncul dengan sendirinya dalam diri mereka karena takut akan hukuman dan lainnya yang akan Anda beri jika tak menuruti apa yang Anda kehendaki. Alhasil, si kecil tak akan memahami apa alasan mengapa ia harus melakukan itu dan mereka tak punya pilihan untuk menetapkan jalannya.

3. Terlalu Memaksa
Pola asuh anak yang baik seharusnya tidak terlalu memaksa dan mendikte semua hal terhadap si kecil. Pola asuh yang satu ini juga termasuk pola asuh yang otoriter dan membuat tumbuh kembang si kecil terganggu. Anak akan merasa terpaksa dan diperintah terus menerus. Mereka juga tak akan diberi kesempatan untuk berkompromi.

Apalagi, bila tak sesuai dengan keinginan Anda, Anda langsung marah-marah padanya. Hal ini jelas akan membuat tumbuh kembang si kecil terganggu. Mereka akan takut berbuat salah dan takut terhadap semua hukuman yang akan mereka dapatkan bila Anda terus menerapkan pola asuh yang satu ini.

4. Mengancam atau Menghukum
Pola asuh anak lain yang wajib Anda hindari agar tumbuh si kecil tetap baik adalah tidak mengancam atau menghukum si kecil. Misalnya, saat si kecil tidak mau makan, Anda mengancam si kecil untuk tak mengajaknya berbicara. Anda juga tak akan segan menghukum si kecil bila mereka tak mau makan, kan ?

Oleh sebab itu, sebaliknya Anda biarkan si kecil berkelakuan sesuai dengan kemauan. Jangan mengancam atau menghukum mereka dengan segala hal bahkan dalam hal kecil sekalipun. Sedikit marah memang tak apa. Tapi, jika Anda terlalu mengancam dan sedikit-sedikit menghukum, tumbuh kembang si kecillah taruhannya.

Nah, sekarang Anda sudah tahu apa saja pola asuh terhadap anak yang seharusnya tak Anda lakukan agar tumbuh kembang si kecil tetap baik dan tak terganggu. Marah memang boleh sesekali. Tapi, tidak memaksakan kehendak juga perlu. Biarkan si kecil berkembang sesuai kemauan dan kemampuannya dan Anda hanya perlu mengawasinya.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar

Posting Komentar