Yuk Intip Manfaat Olahraga bagi Perkembangan Motorik Anak

No Comments

Perkembangan motorik anak adalah hal yang amat penting dalam tahap tumbuh kembang anak Anda. Kemampuan untuk menggunakan dan mengontrol gerakan tubuh ini dapat dilatih sedini mungkin. Berikut ini beberapa manfaat olahraga bagi perkembangan motorik Anak. 

Melatih Perkembangan Motorik Kasar Anak
Aktivitas fisik seperti olahraga akan melatih syaraf motorik anak. Terutama kemampuan motorik kasarnya. Salah satu cara melatih kemampuan mengontrol gerakan tubuh yang menggunakan otot-otot besar ini adalah dengan olahraga. 

Olahraga di sini tak hanya bersepeda atau berenang, olahraga-olahraga ringan seperti merangkak atau berlari juga dapat membantu kemampuan motorik anak. Untuk bayi berusia di bawah 1 tahun, Anda bisa menyediakan ruang yang lapang untuknya agar bisa mengekplorasi lingkungan sekitarnya dengan merangkak. 

Bagi balita usia 1 sampai 4 tahun, Anda dapat mengajaknya berolahraga ringan untuk melatih kemampuan motorik halus dan kasarnya. Beberapa kegiatan olahraga yang bisa Anda lakukan bersama si kecil pada usia ini adalah berlari, berjalan, senam ringan atau bahkan menari. 

Saat usia si kecil menginjak 5 sampai 10 tahun, Anda bisa mengajaknya melakukan olahraga yang lebih bervariasi. Misalnya seperti berenang, bersepeda atau bermain bola. Pada usia ini disarankan untuk melakukan olahraga yang bersifat menyenangkan bagi anak. 


Seiring bertambahnya usia si kecil, Anda dapat mulai mengenalkan jenis-jenis olahraga lainnya. Olahraga juga dapat meningkatkan kepercayaan diri anak dan menguatkan otot-otot tubuhnya. 

Olahraga yang bersifat survival dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak. Gerakan anak akan lebih terkoordinasi dan akan membuat anak lebih gesit dan sigap. Tak hanya itu, meningkatnya motorik kasar anak dapat memudahkannya menyelesaikan kemampuan memecahkan masalah di kehidupan sehari-hari. 

Para orangtua saat ini umumnya merasa khawatir membiarkan anak-anak melakukan aktivitas di luar rumah. Padahal olahraga memiliki banyak sekali manfaat bagi tumbuh kembang anak. Olahraga tak hanya memberikan kebugaran bagi fisik anak, namun juga membantu mencegah anak terhindar dari diabetes. 

Melatih Kemampuan Motorik Halus Anak
Tak kalah penting dengan kemampuan motorik kasar, kemampuan motorik halus anak juga harus berkembang dengan baik. Kemampuan motorik halus adalah kemampuan yang berhubungan dengan keterampilan fisik yang melibatkan otot kecil serta koordinasi mata dengan tangan. 

Kemampuan ini berkaitan dengan tingkat konsentrasi anak dalam mengerjakan sesuatu. Melatih anak dengan olahraga, mampu meningkatkan kemampuan motorik halus anak. Aktivitas di luar ruangan seperti ini, akan membuat anak lebih peka pada situasi sekitar sehingga dapat bertindak dengan penuh pertimbangan. 

Penggunaan gadget pada usia yang sangat dini dapat mengganggu perkembangan motorik halus anak. Gangguan seperti speech delay atau kurangnya konsentrasi dalam melakukan sesuatu merupakan akibat dari penggunaan gadget yang berlebihan.

Tak hanya itu, penggunaan gadget yang berlebihan juga mengganggu perkembangan kemampuan motorik kasar anak. Ketahanan fisik anak menjadi lemah dan otot-ototnya tidak terlatih dengan baik.

Untuk menghindari gangguan tadi, Anda dapat menstimulasi kemampuan motorik halus anak dengan kegiatan seperti menggambar, mewarnai atau belajar menganyam. Dengan beberapa kegiatan tadi, konsentrasi anak akan lebih meningkat. 

Karena itu, ada baiknya bagi orangtua untuk meluangkan waktu agar bisa melakukan aktivitas luar ruangan bersama anak. Tak harus melakukan permainan olahraga yang sulit, cukup temani si kecil untuk sekadar berlari-lari di taman atau bersepeda di sekeliling rumah. 

Nah, itulah beberapa manfaat olahraga bagi perkembangan motorik anak. Doronglah anak untuk melakukan aktivitas luar ruangan seperti olahraga untuk memastikan kemampuan motorik kasar dan motorik halus si kecil dapat berkembang dengan baik. 

0 komentar

Posting Komentar