Play Therapy yang Memiliki Banyak Manfaat. Salah Satunya Dapat Menyembuhkan

No Comments

Kesembuhan seseorang tidak hanya dari Tuhan, melainkan dapat terjadi dan dilakukan oleh Anda sendiri. Terutama bagi anak-anak yang mengidap kelainan mental. Cobalah melakukan play therapy untuk meningkatkan kembali daya motorik dan mental anak-anak. Berikut ini cara mengaplikasikan play therapy sesuai usia mereka.

1. Bermain Puzzle


Bermain puzzle ternyata dapat membantu meningkatkan motorik anak dan mengembalikan kesehatan mental. Sebab, puzzle memiliki beragam potongan gambar dan harus disusun hingga menjadikan sebuah gambar yang utuh. Menyusun sebuah puzzle memerlukan daya pikir dan tingkat konsentrasi yang tinggi. Untuk itu play therapy sejenis ini dapat membantu Anda mengembalikan kesehatan mental anak.

2. Menggambar atau Melukis


Biarkanlah anak-anak yang mengalami mental disorder tersebut meluapkan bahkan menyalurkan kegiatannya dengan cara melukis atau menggambar. Ternyata dengan cara seperti ini juga akan mudah membuat anak-anak lebih terarah. Inilah manfaat dari play therapy dengan cara melukis atau menggambar.

3. Bermain Lego


Bukan hanya orang dewasa saja yang menyukai permainan ini, melainkan anak-anak juga. Sebab bermain lego akan mengasah kreativitas anak-anak terhadap imajinasi mereka. Terutama lego yang dapat membentuk beragam bentuk lainnya. Play therapy seperti ini dapat Anda terapkan dan tetap dalam pengawasan.

4. Terapi Baki Pasir


Dengan menggunakan media pasir yang diletakan dalam suatu wadah akan mengajarkan anak-anak untuk mematuhi aturan bermain. Seperti, tidak boleh mengeluarkan pasir dari dalam kotak keluar area baki pasir tersebut. Anda dapat menggunakan pasir buatan agar lebih sehat dan lebih aman.

5. Menggunakan Mainan


Anda juga dapat menggunakan mainan untuk membantu play therapy kepada anak. Berikanlah mainan yang mereka sukai ataupun yang belum pernah mereka temui. Terutama mainan yang mengandung edukasi.

6. Bermain dengan Teman Sebaya


Jika memungkinkan cobalah ajak bermain bersama teman-teman sebaya yang lain. Untuk mengajarkan kepada mereka mengenai sosialisasi. Ada bisa memulai nya dari komunitas anda. Contohnya diikutsertakan dalam sekolah Minggu anak di GKDI. Pelan-pelan mereka akan belajar mengenai lingkungan sekitar, dan tahu bahwa ada teman-teman lain di sekitar mereka.

Itulah beberapa play therapy yang dapat Anda gunakan. Tetaplah didampingi oleh terapis agar perkembangan anak terlihat jelas. Play therapy ini memiliki banyak manfaat bagi mereka yang mengalami mental disorder. Buatlah suasana bermain senyaman mungkin agar mereka betah bermain tanpa harus terganggu dengan hal lainnya. Sebab dengan melakukan teraphy ini anak yang mengidap mental disorder harus banyak fokus.

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar

Posting Komentar