4 Cara Cerdas Membeli Kain Batik lewat Online

No Comments
Batik

Akhirnya kita sudah sampai pada era penjualan batik Indonesia online. Pada era sebelumnya, batik hanya ditemukan di pasar-pasar yang dekat dengan pengrajin batik. Berkat adanya internet, penyebaran batik meluas hingga ke mancanegara. Kalau Anda lebih suka beli kain batik ketimbang yang sudah jadi, perhatikan dulu bagaimana cara memilihnya.

1. Tanyakan Tentang Jenis Kain Batik
Sebelum bertanya, sebaiknya Anda tahu dulu apa saja sih jenis-jenis batik ? Berdasarkan cara pembuatannya, ada jenis batik tulis, batik cap, batik sablon, dan batik celup. Jenis batik tulis biasanya yang paling mahal. Soalnya pembuatannya lebih lama. Untuk tahu detailnya, Anda bisa menghubungi customer service tempat Anda ingin beli via online.

2. Tinjau Bahan Kain Batik
Batik yang dijual online umumnya akan memberikan deskripsi seperlunya. Minimal seperti banderol harga, variasi motif, serta bahannya. Fokus pada bahan dulu. Sebab, dari bahan itulah Anda akan menilai tingkat keawetannya kalau dipakai lama. Dua bahan kain batik terbaik dan sering digunakan itu dari katun dan sutra. Tinggal pilih yang mana.

3. Perhatikan Kualitas Pewarnaan Batik
Para pelapak batik via online selalu mengambil angle pemotretan agar dapat gambar yang bagus. Tapi sayangnya, banyak yang hanya bagus di foto. Sementara saat sudah diantar ke rumah bedanya jauh. Untuk menyikapi ini, Anda perlu tahu dulu teknik desain grafis, seperti Photoshop. Pahami berapa jumlah titik asli yang dihilangkan. Baru bertransaksi agar tak kecewa.

4. Sesuaikan Momen Pilihan Anda
Kalau sudah membahas momen, maka kualitasnya tergantung selera Anda. Misalnya, pada momen liburan. Paling tidak Anda membeli kain batik berwarna cerah dengan motif yang tidak jadul. Sebagai saran, mendingan beli kain dalam jumlah besar. Soalnya kan mau dipakai untuk keluarga. Jadi sebisa mungkin antara satu dengan yang lain tercipta keselarasan.

Biar Anda tidak kena tipu. Baca-baca dulu deskripsinya secermat mungkin. Perhatikan pula feedback positifnya. Kalau belum jelas, bisa tanya-tanya customer service mengenai apa pun yang ingin Anda tanyakan. Pelapak yang terverifikasi biasanya akan membuat para pembeli benar-benar dilayani seperti raja dan ratu. Tidak ada yang disembunyikan di antara kedua belah pihak.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar

Posting Komentar