Perhatikan 5 Hal Ini sebelum Pinjam Uang Bank

No Comments

Pinjam uang adalah salah satu alternatif bagi masyarakat ketika dana yang mereka miliki tidak cukup atau tidak bisa memenuhi kebutuhan tertentu. Ini memang bagian dari problematika kehidupan. Tak jarang pula masyarakat yang memutuskan untuk meminjam uang, baik dengan keluarga, sahabat, tetangga, bahkan pinjam uang Bank.

Nah, bagi Anda yang membutuhkan dana untuk keperluan apapaun, dan memutuskan untuk meminjam uang di bank, maka perhatikan 5 hal berikut ini.

1. Survey Bank
Langkah pertama yang harus Anda lakukankan sebelum pinjam uang Bank adalah survey Bank mana yang akan menjadi pilihan Anda. Ini hal yang sangat penting, pastikan bahwa Bank tersebut memiliki kredibilitas, atau tingkat kepercayaan masyarakat cukup baik terhadapnya. Akan sangat berbahaya jika Anda memilih Bank yang salah. 

2. Tujuan Peminjaman
Ini juga part yang tidak kalah penting. Seringkali masyarakat mengabaikan tujuandari peminjaman uang di bank, memiliki tujuan yang tidak jelas, tidak produktif, atau semata-mata hanya bersifat konsumtif. Jalani pola hidup sehat mulai saat ini juga, bukan hanya memerhatikan makanan saja, tapi juga yang lainnya, termasuk dalam hal berhutang. Kalau bisa, minimalkan hutang, atau kalau perlu hindari jika memang tidak mendesak.

3. Kuantitas Pinjaman
Jangan asal-asalan mengambil jumlah pinjaman dari Bank. Pastikan meminjam sesuai dengan kebutuhan, jangan sesuai dengan keinginan. Pertimbangkan juga bagaimana Anda mengangsurnya nanti. Jangan hanya enak di depan, tapi malah sengsara dibelakang. Godaan selalu ada untuk itu, tinggal bagaimana cara Anda menyikapi godaan tersebut. Bijaksana lah.

4. Bunga
Ini juga penting untuk Anda pertimbangkan. Anda perlu menghitung berapa besar dana yang harus dikembalikan plus bunganya. Jangan sampai Anda tidak membuat perhitungan, jika Anda tidak mau itu semua nantinya malah menjadi masalah bagi Anda. Biasanya, tingkat suku bunga pada Bank umum, sudah ditentukan atau ditetapkan oleh Bank Indonesia

5. Jangka Waktu
Jangka waktu pelunasan juga perlu untuk Anda pertimbangkan. Biasanya, semakin lama jangka waktu pelunasan yang Anda ambil, semakin besar pula bunga yang Anda terima. Namun, cicilan per periodenya mungkin sedikit lebih ringan. Ingat, kembali lagi kepada tujuan. Jangan sampai kebutuhan Anda yang lain bentrok dengan pelunasan angsuran. Bisa rumit jadinya.

Inilah lima hal yang penting untuk Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk pinjam uang Bank. Semoga informasi ini bermanfaat, ya. 
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar

Posting Komentar