Pemanasan Sebelum Melakukan Kegiatan Outdoor

No Comments
Travelling

Kegiatan outdoor adalah kegiatan yang mengasyikan apalagi bisa menikmati keindahan alam yang bagus, pepohonan hijau, dan udara yang sejuk. Travelling ini membuat seseorang menjadi lebih nyaman dimana sebelumnya ada beban pikiran. Disaat itulah kondisi bisa lebih nyaman dan merasa lega dengan menikmati alam. Kegiatan ini tentu melakukan perjalanan yang cukup panjang ada yang beberapa jam saja bahkan beberapa hari baru sampai ke puncak gunung. Mendaki tentu tidak hanya sekedar mendaki saja tentu mempersiapkan alat-alat yang akan dibawa selama pendakian dan juga waktu yang dipersiapkan selama pendakian. Cuaca pun tidak kalah dari pantauan para pendaki agar perjalanan berjalanan dengan lancar maka terus pantau kondisi cuaca dari internet dan petugas pengawas selama akan melakukan pendakian.

Membawa barang dengan 40 liter yang didalamnya terdapat alat-alat dan juga barang yang akan digunakan selama berada dipuncak. Tas carrier bisa digunakan saat mendaki bahkan tas khusus ini didesain dari berbagai ukuran 40 liter sampai 100 liter. Dengan beratnya yang tidak diduga selama perjalanan tentu akan memberikan efek nyeri punggung. Bukan tidak mungkin itu terjadi karena barang bawaan yang dibawa begitu banyak. 

Perjalanan yang begitu terjal dalam jalur ke gunung pun menjadi rintangan tersendiri bagi para pendaki. Bebatuan yang tajam dan rintangan yang banyak tentu akan membuat kaki akan sedikit mengalami sakit atau keseleo, guna menghindari dari kejadian tersebut bisa gunakan sepatu hiking. Sepatu ini cocok untuk melakukan perjalanan ke gunung yang sudah didesain khusus. Melindungi kaki dari bebatuan yang tajam dan melindungi mata sampai mata kaki. Jadi, tak perlu khawatir bagi para pendaki kaki akan aman dan tidak menimbulkan cidera saat pendakian. 

Persiapan yang dilakukan tidak hanya itu saja, selain persiapan barang dan sepatu yang akan dipakai tentu fisik juga harus disiapkan. Menyiapkan untuk keselamatan selama pendakian juga harus diperhatikan, sangat perlu persiapan pendakian dengan melakukan pemasan ini dikarenakan perjalan yang begitu panjang dan perjalanan yang terjadi kadang trek berat dan terjal, diantaranya :

  1. Squat Satu Kaki, menaruh lengan didindind dengan bertumpu pada kaki untuk menjaga keseimbangan. Lalu tekuk kai kanan kebelakang dan pertahankan tubuh tegak dengan sambil menurunkan tubuh ke lantai secara perlhan-lahan dan menekuk lutut kiri. Tahan lalu perlahan-lahan berdiri kembali. Lalu ulangi dengan kaki yang berlawanan atau yang satunya
  2. Step-up atau step-down, Letakkan kaki kiri pada tangga dengan tinggi 20-30 cm. Lalu langkahkan kaki kanan sehingga sejajar dengan kaki kiri. Kemudian turunkan kaki kiri dan kemudian diikuti kaki kanan.
  3. Mengangkat bahu, pegang dumbell disambing tubuh dan beridiri tegak selebar bahu tanpa menggerakkan lengan. Lalu angkatlah bahu ke arah telinga, tahan lalu turunkan secara perlahan-lahan.
  4. Ekstensi punggung, Memposisikan tubuh berbaring terlungkup dengan kaki dilipat pada tangan dibawah dagu. Jaga kaki dan pinggul pada lantai, angkat dagu dan dada sekitar 8 cm hingga 12 cm. Lalu tahan dan kemudian secara perlahan-lahan kembali kebawah.
  5. Peregangan, duduk dilantai yang datar memanjangkan kaki kedepan. Tekuk lutut kiri lalu istirahatkan telapak kaki kiri pada paha kanan. Kemudian bersandar kedepan hingga tangan mencapai pada pergelangan kaki kanan. Lalu jaga punggung agar tetap lurus untuk merenggangkan kaki dan juga punggung. Selanjutnya tahan selama 30 detik, kemudian berganti lagi dengan sisi lalu lakukan 1-3 kali peregangan pada setiap sisi lainnya.


Persiapkan seluruhnya dalam melakukan pendakian guna memastikan keselamatan dalam perjalanan, mengingat banyak yang terjadi kecelakaan selama pendakian maka lebih berhati-hati. Jangan lupa juga daftarkan diri kepada petugas untuk melakukan pendakian dan bertanya mengenai jalur yang aman untuk didaki. Semoga bermanfaat !
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar

Posting Komentar