Ini Dia Bahaya Menunda Servis AC

No Comments

Ac adalah alat yang bekerja untuk menyerap udara panas di dalam ruangan, yang kemudian diubah menjadi udara dingin. Sebagai alat pendingin ruangan, peran ac sangatlah dibutuhkan baik itu di kantor, rumah sakit, bank, maupun perumahan. Harganya kini yang sudah mulai cukup terjangkau, menjadikan ac bukanlah sesuatu yang mewah untuk dimiliki semua kalangan. Apalagi mengingat semakin panasnya suhu di negara-negara tropis seperti Indonesia. Kehadiran ac adalah suatu kebutuhan untuk meningkatkan kenyamanan saat Anda berada di rumah maupun di kantor.

Seperti peralatan elektronik pada umumnya, ac juga membutuhkan perawatan secara teratur. Setidaknya Anda harus memberikan service rutin minimal tiga sampai enam bulan sekali, untuk menjaga performan ac Anda tetap baik. Merawat ac dengan cara menservicenya secara rutin akan memberikan berbagai manfaat bagi ac Anda, diantaranya: bisa menjaga kondisi ac agar tetap dalam kondisi awet, menjaganya agar tidak cepat rusak, menjaga kualitas performa, menghemat biaya listrik agar tidak semakin membengkak, serta menjaga kesehatan Anda.

Mengapa menjaga kesehatan? Karena jika ac rusak, tentu akan mengeluarkan udara kotor yang akan dihirup oleh orang-orang di dalam ruangan tersebut, termasuk Anda. Berikut ini kami telah menyiapkan beberapa resiko atau bahaya yang bisa Anda dapat jika tidak menservice ac secara rutin, diantaranya:
 

1. Berkumpulnya jamur dan bakteri
Terlalu lama Anda menunda service ac, akan memberikan kesempatan yang bagus bagi jamur dan bakteri untuk berkembang biak. Belum lagi mikro organisme yang tidak terlihat, bisa jadi sedang berkeliaran di ruangan tempat Anda bekerja maupun berkumpul dengan anggota keluarga. Hal tersebut disebabkan karena bagian dalam ac yang terlalu lembab, akan menjadi tempat yang pas untuk tumbuh kembangnya jamur, lumut, dan bakteri. Kelembaban yang terjadi di bagian sistem dalam ac tersebut tidak mungkin terjadi jika Anda rutin membersihkan dan menservicenya.

2. Sakit kepala, stres, dan hilangnya konsentrasi
Pernahkah Anda merasakan pusing yang berlebih ketika Anda bekerja di ruangan yang ber-ac? Bisa jadi itu dikarenakan suara mesin ac yang berisik. Padahal ac memiliki standard sistem yang bersuara kecil dan lembut. Kebisingan yang ditimbulkan dari ac yang jarang disservice, bagi kebanyakan orang akan mengganggu konsentrasinya dalam bekerja. Akibatnya, hilangnya konsentrasi tersebut akan menurunkan kualitas kerja Anda. Tidak heran jika banyak karyawan stres yang disebabkan hanya karena Anda tidak menservice ac secara rutin.

3. Karat pada besi ac bagian dalam
Bagian dalam AC yang selalu terpapar freon dan kondensasi udara dingin, dapat menyebabkan karat muncul di besi-besinya yang terdapat di bagian dalam AC. Lalu Anda bisa bayangkan, bagaimana jika partikel pada besi-besi berkarat tersebut ikut terhembus masuk bersama udara ac yang keluar ke dalam ruangan. Kesempatan Anda untuk menghisap partikel tersebut sangatlah tinggi. Hal ini bisa menyebabkan gangguan pernafasan, tenggorokan, dan hidung bagi siapa saja yang ada di ruangan tersebut.

Itulah ketiga bahaya yang bisa Anda dapat jika malas menservice ac. Segeralah cek kapan terakhir kali ac Anda diservice. Ada baiknya juga Anda memilih jasa tukang service ac yang profesional agar hasilnya tidak mengecewakan. Jika rumah atau kantor Anda berada di wilayah Bandung dan sekitarnya, jasa service ac Bandung ini bisa Anda coba.

Anda hanya cukup melihat rekomendasi jasa service ac di situs Sejasa.com. Situs tersebut akan memberikan beberapa penawaran jasa service ac yang terpercaya. Dilengkapi dengan bussines profile hingga review pelanggan yang sudah pernah memakai jasa tersebut, memudahkan Anda untuk menyeleksi dan memilih jasa service ac sesuai kebutuhan. Tunggu apa lagi? Jangan sampai kesehatan Anda bersama keluarga terganggu hanya karena telat menservice ac !
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar

Posting Komentar