Lombok Juga Punya Pantai Kuta

No Comments

Tidak hanya Bali memiliki senyawa wisata yang berkilau di pantai selatan. Pulau tetangga yaitu di Lombok memiliki sesuatu istimewa di pantai selatan, menariknya lagi ada berbagi nama yang sama dengan di Bali diantaranya Pantai Kuta. Kuta Bali penuh dengan gemerlap lampu dan juga  hiburan malam yang sangat semarak, pada kota kecil Kuta di pesisir Lombok juga masih menawarkan pantai yang indah dan bersih, laut biru kehijauan, tempat surfing terpencil yang mendebarkan, dan tradisi budaya yang sangat menarik. Hamparan megah di pantai yang berpasir putih dan cemerlang pirus ini mewarnai laut dengan bukit-bukit terjal di sekitarnya, indah menyoroti daerah.
 

Pada wilayah pesisir Kuta secara administratif terletak di Kabupaten Lombok Tengah, sekitar 20 menit berkendara ke selatan dari Bandara Internasional Lombok sekitar 60 Kilometer dari Mataram, ibukota Provinsi NTB. Sementara untuk peselancar tertarik ke sini karna gelombang kelas dunia, desa yang memiliki daya tarik sendiri yang ada beberapa hotel menyenangkan dan suksesi dramatis teluk berbentuk gigitan dekatnya. Pantai Kuta ialah pantai utama dimana sebagian besar akomodasi dan fasilitas berada ini dan banyak menawarkan berbagai kegiatan untuk mereka yang tidak tertarik untuk menjelajahi daerah ini. Sekitar 3 Km di sebelah timur pengunjung disajikan dengan pantai yang menyenangkan, Putri Nyale. Dengan pasir putih dan air jernih, pantai ini juga erat kaitannya dengan legenda yaitu Putri Nyale yang dirayakan setiap tahun diritual oleh tradisional Bau Nyale. Setengah kilometer lebih ke timur adalah Pantai Segara pada tempat lain yang sangat baik. Sekitar 7 km sebelah timur dari Pantai Kuta ini, Tanjung A'an terdiri dari dua teluk pasir putih indah dipisahkan oleh sebuah tonjolan batu ialah A'an ke barat dan Pedau ke timur. Pirus halus sangat menawarkan berenang dan snorkeling yang aman namun masih bisa adanya arus kuat di Teluk Timur.
 

Tanjung A'an diperuntukkan untuk menjadi sebuah resort yang komprehensif tidak seperti Nusa Dua di Bali. Sebelah barat Pantai Kuta terletak Pantai Mawun dan Selong Belanak, pantai Mawun ialah teluk terpencil setengah bulan dengan air yang jernih dan pasir yang murni sekitar 8 km sebelah barat dari Pantai Kuta. Tempat yang mengagumkan ini untuk bersantai, berenang dan berselancar dengan aman, pantai ini juga kebanyakan diidentifikasi dengan pohon besar-besar yang digunakan orang tersebut sebagai tempat tinggal. Dari 4 km lebih ke barat di atas sebuah bukit yang curam Teluk indah Selong Belanak ini menunggu antara dua tanjung berbatu.
 


Dengan pantai kelas dunia, terumbu karang dan titik istirahat sepanjang pantai, Kuta juga merupakan tujuan utama Surfing oleh para perselancar. Hanya langsung menghadap Samudera Hindia dengan banyak teluk yang menampung berbagai dari sudut gelombang dan angin, para peselancar akan cenderung menemukan ombak di pantai yang bagus hampir setiap hari sepanjang tahunnya. Gerupuk adalah tempat surfing yang paling populer di Kuta Lombok. Teluk besar ini adalah sekitar 7 km sebelah timur dari Kuta Lombok dan merupakan rumah bagi lima tempat yang berbeda yang bekerja dengan kombinasi berbagai pasang surut, angin dan gelombang. Antaranya adalah Teluk Gerupuk atau Bumbang. Sangat cocok untuk semua tingkat yang memiliki ombak menyenangkan, dengan dinding yang panjang dan bibir yang terbaik pada gelombang masuk.
 
Pantai Seger, Seger Reef adalah lokasi surfing paling dekat dengan Desa Kuta Lombok. Pada pertengahan, air pasang dan angin lepas pantai ini bisa menjadi tempat yang bagus. Pengalaman terbaik berselancar membutuhkan angin laut, sekitar bulan Oktober sampai April. Tempat surfing lain yang menawarkan gelombang sama mendebarkan adalah ialah Mawi, Teluk Ekas, Bangko-Bangko atau titik Dessert, dan Tanjung A'an. Yang setiap tahun pada hari ke-19 bulan ke-10 dengan pantai kecil yang tenang menjadi panggung bagi masyarakat dengan tradisi budaya kelompok etnis Sasak Lombok ini yaitu The Festival Bau Nyale. Ratusan Sasak akan berkumpul disini karena mereka menunggu sampai Ulat 'Nyale' yang ditakutkan muncul.

0 komentar

Posting Komentar